Senin, 14 Oktober 2013

 PASAR KAMBING QURBAN
TRADISIONAL AMPEL

Pasar tradisional hewan qurban dalam menyambut hari raya Idul Adha ( hari raya haji ) merupakan kegiatan rutin yang dibuat oleh masyarakat Ampel dan sudah berjalan selama kurang lebih 30 tahun.
kegiatan ini pertama kali dibuat berlokasi di Jl. Ampel Suci ( gubah ) dan sekitar tahun 90an berpindah ke Jl. Nyamplungan dengan mendirikan tenda di pinggir sungai.
 setelah Pemkot Surabaya melakukan penataan di Kawasan Religi Sunan Ampel, maka kegiatan Pasar Kambing Qurban berpindah di lahan kosong milik Pemkot Surabaya yang terletak di Jl. Pegirian depan sekolahan Taswirul Afkar.
Pedagang kambing qurban yang rata rata dari keturunan etnis arab menjual kambing jenis ottawa dengan kwalitas kambing no.1 dan sudah layak qurban ( sudah puel / gigi besar sudah tumbuh ).
pembeli kambing selain masyarakat ampel, juga ada dari luar termasuk dari Sidoarjo dan Gresik.
kegiatan ini berlangsung selama 7 hari dimulai 4 hari sebelum hari lebaran dan 2 hari setelah lebaran.
selama kegiatan ini dibuat, rata rata pada malam lebaran, kambing sudah terjual habis dari seluruh stand yang ada. jumlah peserta ada 30 stand.
masyarakat banyak yang beli kambing pada saat malam lebaran karena biar tidak terlalu lama memeliharanya, namun ada juga yang membeli kambing lebih dulu tapi kambingnya dititipkan kepada penjualnya dan akan diambil pada malam lebaran atau lebarannya.
Juru foto : Umar Askari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SELAMAT DATANG DI BLOG KIM " AMPEL MADANI " APABILA ADA SARAN DAN MASUKAN YANG MEMBANGUN SILAHKAN KIRIM KE E-MAIL: kelampel@gmail.com TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN DAN PARTISIPASI ANDA
Read more: http://galang-capricorn.blogspot.com/2012/09/cara-buat-tulisan-berjalan-di-bawah.html#ixzz30DV7xbtR